Pusat Oleh Oleh Jendela Jogja, Melihat Jogja Dari Sini


Jendela Jogja merupakan salah satu pusat oleh-oleh berbagai pernak-pernik khas Jogja yang secara resmi dibuka pada tanggal 8 Oktober 2015. Dengan mengusung tagline "Melihat Jogja Disini", jendela jogja ingin menghadirkan berbagai produk khas Jogja, mulai dari makanan, pakaian hingga kerajinan yang bekerja sama secara langsung dengan ratusan UKM yang ada di Jogja.

 

Grand Opening Jendela Jogja Toko Oleh-oleh Khas Jogja

Keunikan dari jajanan dan buah tangan kerajinan khas Jogja memang tidak lekang oleh waktu dan selalu saja ingin membeli ketika berkunjung ke kota istimewa ini. Jendela Jogja, yang berlokasi di Jalan Gedongkuning 161 A, Yogyakarta adalah salah satu pusat oleh-oleh khas Jogja yang menghadirkan berbagai macam buah tangan dari seluruh UKM kerajinan yang ada di Jogja.

 

Jendela Jogja yang baru saja diresmikan oleh GKR Condrokirono salah satu putri Sultan Hamengkubuwono X, pada Kamis 8 oktober 2015. Merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang menyediakan berbagai jajanan pasar di era tahun 90an yang akan memanjakan anda dengan nostalgia masa kecil. 

 

Tempat yang satu ini sangat sayang jika dilewatkan ketika anda berkunjung ke Jogja. Selain koleksi oleh-olehnya yang lengkap, suasana yang dikemas dengan baik akan menambah kenyamanan anda dalam berbelanja. Apalagi dengan adanya restoran di lantai dua yang bisa dimanfaatkan ketika anda lelah berbelanja oleh-oleh dan ingin bersantai sambil menikmati kuliner khas Jogja.

 

Konsep penjualan di Jendela Jogja yang didirikan oleh Ibu Hj. Dyah Suminar selaku Owner dari Margaria Grup yang berkolaborasi dengan Ibu Titin & Ibu Dina ini memang sedikit unik dan berbeda dari toko oleh-oleh lain yang ada di Jogja, dengan mengusung tagline "Melihat Jogja Disini" pengelola menghadirkan Jogja dalam konsep yang lebih kecil, seperti miniatur Tugu Jogja, Kereta kencana, becak, sepeda ontel bahkan ada juga angkringan, yang menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto.

 

Jendela Jogja bekerja sama dengan Disperindakop Yogyakarta merangkul setidaknya 400 Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Jogja. Para UKM ini diberikan pendampingan dan tempat untuk memasarkan produk-produk mereka dengan suasana yang dikemas sedemikian rupa, sehingga dapat meningkatkan nilai jual.

 

Jogja Jendela sendiri buka mulai dari Jam 09.00 pagi, untuk menemukan lokasi tempat ini pengunjung tak perlu bingung karena tempatnya sangat mudah ditemukan, tidak jauh dari pusat kota dan sekitar 15 menit dari bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

 

Perlu diakui untuk sekarang ini UKM di Jogja membutuhkan lebih banyak ruang untuk memasarkan produk mereka secara modern, produk-produk UKM selama ini masih belum banyak yang bisa masuk gerai modern, kondisi tersebut bukan hanya disebabkan karena kualitas produk namun  juga karena keterbatasan modal dan pendampingan dari pemerintah.

 

Dengan dibukanya Jendela Jogja diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi kemajuan perkembangan UKM di Jogja, dengan cara mengambil langsung dan memasarkan produk-produk unggulan yang mayoritas diproduksi oleh para pelaku UKM sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga Jogja.

 

Beragam Produk Khas Jogja di Jendela Jogja

Produk-produk kerajinan yang dapat ditemui di Jendela Jogja sangat lengkap dan beragam meliputi makanan khas Jogja seperti Bakpia, geplak, wingko dan makanan khas Jogja lainnya. Ada juga kerajinan dan mainan khas Jogja, berbagai model batik dengan desain unik, hingga peralatan rumah tangga seperti piring dan gelas dengan motif khas Jogja.

 

Berkunjung ke Jogja rasanya belum lengkap jika tidak membawa buah tangan yang bisa meninggalkan kesan dan kenangan tentang kota ini, suasana maupun keramah tamahan juga tidak dapat ditemukan di tempat lain. Selain membantu perekonomian lokal membeli produk dalam negeri adalah salah satu cara kita menghargai budaya asli Indonesia.